Proses pembelajaran dirancang semoga penerima didik sanggup menyebarkan potensi dirinya untuk mempunyai kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, sopan santun mulia, serta keterampilan yang dibutuhkan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara. Proses pembelajaran pada suatu satuan pendidikan diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi penerima didik untuk berpartisipasi aktif, serta menawarkan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis. Untuk itu setiap satuan pendidikan perlu melaksanakan perencanaan pembelajaran yang dirancang dalam dalam bentuk Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).
TUJUAN
Secara umum bimteks ini bertujuan semoga penerima sanggup menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sesuai dengan ketentuan Kurikulum 2013. Secara khusus diharapkan penerima dapat:
- Menganalisis contoh RPP Kurikulum 2013 yang sudah disusun.
- Memperbaiki RPP Kurikulum 2013 menurut hasil analisis.
- Membuat RPP Kurikulum 2013
MASALAH
- Seringkali guru tidak mengakibatkan RPP sebagai pola dalam melaksanakan pembelajaran, namun lebih ditempatkan sebagai kelengkapan administrasi.
- Guru mengalami kesulitan dalam memetakan Kompetensi Dasar dari Kompetensi Inti Sikap Spiritual (KI-1) dan Sikap Sosial (KI-2).
- Guru mengalami kesulitan dalam merumuskan indikator untuk KI-1 dan KI-2.
- Guru mengalami kesulitan dalam memilih jenis instrumen evaluasi yang sesuai dengan KD.
PENYELESAIAN TUGAS
Untuk menuntaskan persoalan di atas, bapak/ibu sanggup mengikuti saran berikut.
1.Guru menciptakan RPP secara individu melalui acara berdikari atau secara kelompok melalui acara KKG.
2.Guru memakai RPP yang dirancangnya sebagai pola dalam melaksanakan proses pembelajaran.
3.Guru berlatih dan sharing dengan teman sejawat atau melalui acara KKG untuk:
a.mengidentifikasi, memetakan serta merumuskan indikator KD dari KI 1 dan KI 2.
b.Menentukan dan merancang evaluasi sesuai dengan indikator pencapaian kompetensi.
Untuk menuntaskan persoalan di atas, bapak/ibu sanggup mengikuti saran berikut.
1.Guru menciptakan RPP secara individu melalui acara berdikari atau secara kelompok melalui acara KKG.
2.Guru memakai RPP yang dirancangnya sebagai pola dalam melaksanakan proses pembelajaran.
3.Guru berlatih dan sharing dengan teman sejawat atau melalui acara KKG untuk:
a.mengidentifikasi, memetakan serta merumuskan indikator KD dari KI 1 dan KI 2.
b.Menentukan dan merancang evaluasi sesuai dengan indikator pencapaian kompetensi.
Download Lengkap Berkas Handout RP BIMTEK PENDAMPINGAN PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH DASAR MENYAMBUT KURIKULUM NASIONAL
Advertisement